Beasiswa Bidikmisi

  • 19-02-2019
  • 06:49 WITA
  • admin_fkik
  • Beasiswa

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat
  2. Usia yang paling tinggi saat mendaftar adalah 21 tahun
  3. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d 2, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstrakurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua organisasi sekolah/OSIS)
  4. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah / Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  5. Foto rumah orang tua (depan, belakang, dan samping)
  6. Fotokopi raport yang dilegalisir mulai semester 4,5,6
  7. Foto warna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  8. Fotokopi pembayaran pajak, bumi bangunan orangtua
  9. Fotokopi KK (kartu keluarga)
  10. Menunjukan kartu pendaftaran/peserta asli
  11. Fotokopi ijazah hasil ujian nasional (SMA, SMK, MA, MAK) yang dilegalisir 1 (satu) lembar
  12. Surat keterangan sehat/narkoba/buta warna di poliklinik UIN Alaudin Makassar

Pengambilan formulir bidik misi dapat diperoleh pada bagian kemahasiswaan lantai 1 pada saat pendaftaran ulang/pemasukan berkas setiap jalur.