observasi ke Pulau jawa, mahasiswa Jurusan kesehatan masyarakat belajar sanitasi tempat umum.

  • 15-05-2018
  • 02:34 WITA
  • admin_fkik
  • Berita

Kehidupan  masyarakat modern seharusnya berimbang dengan gaya hidup yang semakin sehat, akses transportasi dan komunikasi saat ini sudah memecah ruang pembatas antara pulau-pulau, bahkan saat ini segala hal dapat dipelajari melalui bantuan internet. Tidak meninggalkan kebiasaan lama inilah yang ditunjukkan oleh Prodi Kesehatan Masyarakat yang justru Semakin mengedepankan Praktik langsung dalam proses pembelajaran para mahasiswa mereka. bagi para dosen mahasiswa hendaklah bersentuhan langsung dengan media belajar mereka, bukan hanya sekedar beratatap dalam ruang maya.

Sekitar 20 orang mahasiswa peminatan Kesehatan lingkungan  Jurusan kesehatan masyarakat dengan mata kuliah sanitasi tempat-tempat umum, melakukan kunjungan studi Sanitasi ke beberapa lokasi percontohan di pulau jawa, kunjungan yang diawali ke bali, Malang, Jogjakarta, solo dan berakhir di  Surabaya, bertujuan untuk memenuhi kompetensi mahasiswa pada mata kuliah sanitasi tempat-tempat umum.

Menurut salah seorang dosen pembimbing, bapak Munawir Amansyah. SKM.,M.Kes, Observasi mahasiswa kali ini dilakukan pada beberapa lokasi/ tempat umum yakni pasar, tempat wisata, hotel, pantai dan sekolah. yang mereka lakukan adalah melihat langsung, mengevaluasi dan mempelajari sarana sanitasi tempat yang mereka kunjungi. agar mahasiswa memahami dan mampu memenuhi kompetensi dalam mata kuliah ini.

Kunjungn yang berakhir pada SMP neg 3 Surabaya yakni Sekolah Binaan PT. Tunas Hijau, dan juga merupakan salah satu referensi Walikota Surabaya sebagai sekolah layak dikunjungi karena mengedepankan sanitasi dan peduli Lingkungan, Kepala sekolah yakni Bapak Budi memberi sambutan atas hangat kehadiran para mahasiswa UIN AM dan para dosen pembimbing. 

Berbagai kegiatan ekstrakulikuler para siswa ditampung dalam sebuah media penyadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan peduli pada sanitasi lingkungan, hal ini Nampak dari hasil produk berupa charger dari tenaga surya, tanaman Jeruk dan sawi hidroponik, pupuk, olahan makanan hasil  sendiri yang di kemas dalam usaha entrepreneur para siswa.

besar harapan mahasiswa kesmas nantinya dapat mengadopsi dan mengaplikasikan metode sanitasi yang telah mereka pelajari di kampus UIN AM, khususnya di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan.