PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR KEC. MANGGARA BOM

  • 15-07-2019
  • 03:14 WITA
  • admin_fkik
  • Berita

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kec. Manggarabombang Kab. Takalar tanggal 12-13 Juli 2019. Kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika FKIK UIN Alauddin Makassar bekerja sama dengan pemerintah Kab. Takalar. Kegiatan ini diawali dengan adanya kegiatan family gathering pada tanggal 12 juli 2019 yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar civitas akademika FKIK UINAM.  Dilanjutkan tgl 13 Juli 2019 yang merupakan kegiatan inti yaitu pengabdian masyarakat di Kab. Takalar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menjalin hubungan kekeluargaan antara civitas akademika FKIK UIN Alauddin Makassar dengan masyarakat Kab. Takalar serta memberikan informasi dan pelayanan secara langsung kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah pengimplementasian ilmu dan keterampilan kesehatan kepada masyarakat Kab. Takalar. Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan yaitu 1) pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kolesterol, dan glukosa; 2) penyuluhan kesehatan; 3) sosialisasi produk halal; 4) pijat bayi; 5) pemeriksaan fisik ibu hamil dan pemeriksaan laboratorium; 6) dagusibu obat; dan 7) sunat modern massal. 

Menurut Dr. Nur Hidayah, S.Kep., Ns., M.Kes. selaku ketua panitia yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK UINAM mengatakan, “kegiatan ini melibatkan seluruh civitas akademika FKIK UNAM mulai pimpinan hingga mahasiswa. FKIK UINAM menyadari pentingnya kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena itu, perlu adanya suatu kegiatan yang memberikan informasi dan pemeriksaan kesehatan secara langsung dan gratis. Kami juga sangat berterima kasih karena sambutan pemerintah dan masyarakat Kab.Takalar yang sangat antusias dengan kegiatan ini dan akhirnya kegiatan berlangsung dengan lancar.”

 

Selain itu, Kegiatan ini juga dihadiri oleh ibu ketua PKK, ibu-ibu PKK, kader kesehatan, Camat Manggarabombnag, Kepala DesaKepala Puskesmas, serta Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar. FKIK UINAM juga memberikan demo pembuatan roti sehat dan halal kepada ibu PKK dan ibu rumah tangga yang hadir dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam membuat usaha kecil dan menengah serta peningkatan gizi masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh ibu Ketua PKK, Dr. Hj. Irma Andriani, M.Si yang dalam hal ini mewakili Bupati Takalar, H. Syamsari Kitta S.Pt, MMmenyampaikan bahwa Bupati Takalar sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada FKIK UINAM karena kegiatan ini dapat dilakukan di Kab. Takalar dan mengharapkan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memberikan informasi kesehatan bagi masyarakat.