» Profil

 

SEJARAH SINGKAT

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN

UIN ALAUDDIN MAKASSAR 

 

 1.      Latar belakang lahirnya Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK)

Latar belakang lahirnya Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin seiring dengan latar belakang konversi IAIN Alauddin menjadi UIN Alauddin Makassar. IAIN Alauddin Makassar ketika itu diperhadapkan pada suatu kenyataan bahwa sebagian besar dari masyarakat Indonesia menuntut pelaksanaan pengembangan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau seni yang dijiwai nilai-nilai ke-Islaman, Tuntutan tersebut tidak dapat dihindarkan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, maka kehadiran Universitas Islam Negeri yang mengembangkan ilmu-ilmu ke-Islaman secara terpadu dengan ilmu-ilmu umum dan modern merupakan keniscayaan. Pemerintah Republik Indonesia atas dasar prinsip demokratis memberikan pelayanan pendidikan sesuai dengan aspirasi masyarakat yang sejalan dengan falsafah bangsa dan perundang-undangan yang berlaku. Merespon tuntutan masyarakat yang semakin meningkat tersebut, maka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar melakukan pengembangan secara Instusional menjadi Universitas Islam negeri (UIN) Alauddin Makassar.

 

Dengan pembentukan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini diharapkan dapat mendorong dan melaksanakan usaha memadukan keilmuan yang pada gilirannya dapat menghilangkan dikotomi antara ilmu pengetahuan agama, dan ilmu pengetahuan umum. Secara lebih spesifik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar akan menjadi wadah untuk mengkaji, menciptakan, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang bersumber dan dijiwai nilai-nilai keislaman sehingga mampu mewujudkan tujuannya yakni menghasilkan sarjana yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu pengetahuan dan kematangan profesional sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Pendirian Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar diawali dengan pembukaan program studi baru dalam rangka konversi IAIN Alauddin menjadi UIN Alauddin sesuai Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 179/MPN/KL/2004 tanggal 10 Desember 2004 tentang Persetujuan Perubahan IAIN menjadi UIN dan Pemberian Izin Pembukaan 8 (delepan) Program Studi baru. Ijin penyelenggaraan Prodi tersebut berlaku selama 5 tahun. Program studi yang disetujui tersebut sudah dapat dioperasionalkan tahun ajaran 2005/2006 yang terdiri dari Program Studi Teknik Arsitektur, Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Tadris Fisika, Program Studi Tadris Biologi, Program Studi Farmasi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Program Studi Keperawatan, dan Program Studi Kebidanan. Tahun ajaran 2005/2006 sekaligus juga berdiri dua Fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Sains dan Teknologi. Dengan demikian Untuk Tahun ajaran 2005/2006 kelembagaan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengalami modifikasi atau bertambah dari 5 (lima) Fakultas menjadi 7 (tujuh) Fakultas. Perubahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005 Tanggal 10 Oktober 2005 ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Presiden RI Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudoyono pada hari Ahad tanggal 4 Desember 2005 di Makassar. Kemudian lahir Peraturan Menteri Agama RI No. 5 Tahun 2006 tanggal 16 Maret 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

 

Jelang 5 (lima) tahun kemudian berjalannya Proses Pendidikan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ijin penyelenggaraan 4 (empat) Program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan berakhir dan diperpanjang kembali dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor  Dj.I/08/2010 tanggal 7 Januari 2010 yang berlaku sampai dengan tanggal 7 Januari 2015. Keempat Program Studi tersebut juga telah memperoleh predikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku 5 (lima) tahun yaitu sebagai berikut :

  1. Program Studi Farmasi (S1) Peringkat Akreditasi C Sesuai Keputusan Nomor 004/BAN-PT/Ak- XIII/SI/V/2010 tanggal 27 Mei 2010 berlaku s.d 27 Mei 2015.
  2. Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1) Peringkat Akreditasi B Sesuai Keputusan Nomor 005/BAN-PT/Ak-XIII/SI/VI/2010 tanggal 4 Juni 2010 berlaku s.d 4 Juni 2015
  3. Program Studi Kebidanan (D3) Peringkat Akreditasi C Sesuai Keputusan Nomor 011/BAN-PT/Ak-X/Dpl/VII/2010 tanggal 31 Juli 2010  berlaku s.d 31 Juli 2015
  4. Program Studi Keperawatan (S1) Peringkat Akreditasi C Sesuai Keputusan Nomor 028/BAN-PT/Ak-XIII/SI/VI/2010 tanggal 26 Nopember 2010  berlaku s.d 26 Nopember 2015
  5. Perkembangan selanjutnya pada tahun 2012 Fakultas Ilmu Kesehatan bertambah 1 (satu) program studi baru lagi yaitu program studi Profesi Ners berdasarkan  keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor   72/E/O/2012  tanggal 1 Maret 2012 yang berlaku sampai dengan bulan  Februari  2014 (selama 2 tahun).

2.      Pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan

Dalam kurun waktu tujuh tahun ini, Fakultas Ilmu Kesehatan telah dipimpin oleh lima orang (Pelaksana Tugas (Plt.)/ Caretaker / Pejabat Sementara (Pjs.) dan pejabat Dekan) masing-masing ;

 

1). Prof. Dr. H. Samiang Katu, M.Ag. (Pelaksana Tugas Dekan periode 10 Agustus 2005 s.d 1 November 2006)

 

2). Prof. Dr. dr. H. M. Rusli Ngatimin, M.P.H. (Caretaker Dekan periode 2 November 2006  s.d 31 Oktober 2007).

 

3). dr. M. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D. (Dekan periode 6 November 2007 s.d 9 Februari 2011).

 

4). Prof.Dr..H. Ahmad M. Sewang, M.A (Pejabat Sementara Dekan periode 10 Februari 2011 s.d 3 Oktober 2011).

 

5). Dr..dr. H. Rasyidin Abdullah, M.P.H..MH.Kes (Dekan periode 4 Oktober 2011 s.d 1 Juli 2013).

 

6). Prof. Dr..H. Ahmad M. Sewang, M.A (Pejabat Sementara Periode 2 Juli 2013 s.d sekarang).

 

7). Dr. dr. H. Andi Armin Nurdin, M.Sc (2014 s.d sekarang).

 

VISI, DAN MISI

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN

UIN ALAUDDIN MAKASSAR

 A.    Visi

Pusat Pencerahan dan Transformasi Ilmu Kesehatan Berbasis Islam.

  B.  Misi

  1. Menciptakan Atmosfir Akademik yang kondusif bagi pengembangan kualitas keilmuan kesehatan
  2. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merefleksikan kemapanan integrasi antara nilai ajaran Islam dengan ilmu kesehatan.
  3. Mewujudkan Fakultas Ilmu Kesehatan yang mandiri, berkarakter, bertatakelola baik dan berdaya saing menuju Fakultas riset dengan mengembangkan nilai spiritual dan tradisi keilmuan.

 

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN

UIN ALAUDDIN MAKASSAR

1.      Tugas Pokok

    1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan adalah salah satu fakultas yang ada di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar merupakan unsur pelaksana akademik universitas yang mempunyai tugas menyelengarakan pendidikan akademik, vokasi dan/atau profesi dalam 1 (satu) rumpun disiplin ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan/atau seni.
    2. Fakultas dipimpin oleh seorang Dekan, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor.

2.      Fungsi

Dalam melaksanakan tugasnya, fakultas menyelenggarakan fungsi :

  1. Pelaksanaan dan penyelanggaraan pendidikan akademik pada tingkat Sarjana, magister, dan doktor, pendidikan vokasi, dan/atau profesi di lingkungan fakultas;
  2. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi;
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika; dan
  5. Pelaksanaan administrasi dan pelaporan.

 

 


[ Kembali ]