Monitoring dan Evaluasi Peran dan Strategi Penasehat Akademik dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Mahasiswa

  • 03 Maret 2025
  • 02:26 WITA
  • Admin_FKIK
  • Berita

Monitoring dan Evaluasi Peran dan Strategi Penasehat Akademik dalam Mendukung Keberhasilan Akademik Mahasiswa FKIK UINAM

Makassar, 3 Maret 2025 – Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) terkait peran dan strategi penasehat akademik dalam mendukung keberhasilan akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Acara ini berlangsung di Rektorat Lantai IV dan dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen pembimbing akademik FKIK, serta perwakilan mahasiswa dari fakultas tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau efektivitas bimbingan akademik yang telah berjalan, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi mahasiswa FKIK, serta merumuskan strategi peningkatan dalam mendukung pencapaian akademik yang optimal. Rektor UINAM yakni, Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D dalam sambutannya menekankan pentingnya peran penasehat akademik dalam membimbing mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

“Kami berharap melalui monitoring dan evaluasi ini, kita dapat menemukan strategi terbaik yang lebih efektif dalam mendukung mahasiswa FKIK, baik dalam aspek akademik maupun pengembangan karakter mereka,” ujar Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D.

Sesi diskusi yang berlangsung interaktif melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen FKIK yang berbagi pengalaman mereka terkait bimbingan akademik. Beberapa kendala yang diangkat dalam forum ini meliputi kurangnya intensitas pertemuan dengan penasehat akademik serta kebutuhan akan pendekatan yang lebih personal dalam membimbing mahasiswa menghadapi tantangan akademik di bidang kesehatan.

Dosen pembimbing akademik FKIK yang hadir juga memberikan masukan mengenai metode bimbingan yang lebih efektif, seperti penggunaan teknologi dalam konsultasi akademik serta sistem pemantauan perkembangan mahasiswa secara berkala, khususnya dalam menghadapi tantangan akademik di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan rekomendasi untuk meningkatkan komunikasi antara mahasiswa dan penasehat akademik, penguatan sistem pendampingan akademik berbasis digital, serta optimalisasi pelatihan bagi dosen FKIK dalam menjalankan peran mereka sebagai pembimbing akademik. Dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan keberhasilan akademik mahasiswa FKIK UINAM dapat terus meningkat di masa mendatang.