Dosen Prodi Kesmas Menjadi Narasumber pada Kegiatan In-House Training yang Diselenggarakan oleh Labkesmas Makassar

  • 22 Mei 2024
  • 03:05 WITA
  • Admin_FKIK
  • Berita

Balai Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) Makassar, yang sebelumnya dikenal sebagai Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), mengundang Dr. Muh. Saleh, SKM, M.Kes sebagai narasumber dalam kegiatan In-House Training yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024. Dr. Muh. Saleh adalah salah satu dosen Prodi Kesmas yang sangat aktif sebagai narasumber pada berbagai kegiatan paletihan, khususnya di Kementerian Kesehatan, termasuk di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar.


In-House Training yang bertemakan "Pembuatan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna" ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu perwakilan dari UIN Alauddin dan Poltekkes Makassar yang kompeten di bidangnya masing-masing. Dalam acara ini, Dr. Muh. Saleh membawakan materi tentang Pengembangan Teknologi Pemanfaatan Limbah Ternak (Biogas) dan Limbah Rumah Tangga (Kompos), serta Konsep Baar dalam Pengendalian Vektor “Bersahabat dengan Nyamuk”.


Dalam sesi diskusi, Dr. Muh. Saleh mengajak para peserta untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan yang muncul dalam wilayah layanan Labkesmas, khususnya yang terkait dengan kesehatan lingkungan. "Masalah yang ada mari kita maknai sebagai berkah. Oleh karena adanya permasalahan yang ditemukan, itulah yang kemudian memicu kita semua untuk berinovasi dalam mengatasinya," tutur Dr. Muh. Saleh.

Labkesmas Makassar adalah salah satu Labkesmas yang dipercaya untuk melaksanakan pemodelan intervensi dan/atau Teknologi Tepat Guna. Tidak semua Labkesmas di Indonesia diberi kepercayaan ini. Kasubag ADUM Labkesmas, Pak Wahyudin, berharap panitia dapat memanfaatkan kepercayaan ini sebaik-baiknya. "Kami berharap ke depan ada kolaborasi dengan universitas, khususnya UIN Alauddin, dalam pengembangan Teknologi Tepat Guna. Selain itu, kolaborasi dalam hal peningkatan SDM melalui publikasi ilmiah dari hasil kajian-kajian yang dilakukan oleh staf Labkesmas sangat diharapkan," lanjutnya.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari, dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024, berlangsung di aula Balai Labkesmas II Makassar.