HMJ Keperawatan Kembali Gelar Alauddin Nursing Competition Tingkat Nasional

  • 10 Juni 2024
  • 11:11 WITA
  • Admin_FKIK
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali menggelar Alauddin Nursing Competition (ANC) bertajuk "Berantas TBC, Menuju Indonesia Sehat dan Bebas Tuberculosis"

ANC Tahun ini menjadi kali kedua, setelah sebelumnya telah diadakan pada tahun 2020 silam. Terdiri dari tiga jenis lomba yaitu essay ilmiah, poster publik, dan video edukasi.

Kompetisi tingkat nasional tersebut, diikuti oleh 60 Tim dari seluruh Indonesia dan meliputi 35 kampus yakni Stikes Majene, Politeknik Kesehatan Yogyakarta, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah prof Dr Hamka, Universitas Katolik Musi Caritas Palembang, UIN Alauddin Makassar, Institut Turatea Indonesia Jeneponto, Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia, Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado, Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar, Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Stikes Surya Global Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Makassar, Universitas Andalas, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Warmadewa, Universitas Baiturrahman Padang, Universitas Megarezki, Universitas Haluoleo, Universitas Syiah Kuala, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Islam Malang, Stikes Panrita Husada, Stikes Gunung Sari, Stikes Telogorejo Semarang, dan Indonesia Internasional Institute for Life Science.

Ketua Panitia Anwarul Mu'minin mengatakan, tujuan kegiatan ini selain menjadi ajang peningkatan eksistensi institusi, juga bertujuan sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit tuberculosis.

Anwar menjelaskan, terdapat tiga gelombang pendaftaran yang dimulai dari bulan april hingga mei 2024.

"Dikarenakan antusias peserta dari berbagai daerah sangat tinggi, maka kami dari panitia mengadakan tiga kali gelombang pendaftaran. Setelah pendaftaran ditutup pada bulan mei lalu, kami kemudian melakukan penjurian pada tanggal 3 Juni 2024," jelasnya.

"Setelah dinilai oleh juri yang berasal dari Dosen Prodi Keperawatan, didapatkan lima karya terbaik dari masing-masing kategori lomba yang kemudian akan mempresentasikan karya nya secara langsung di Makassar pada tanggal 21 hingga 23 Juni 2024," tambahnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa membuat Keperawatan UIN Alauddin tidak hanya dikenal di Sulawesi Selatan, namun juga di seluruh Indonesia.

"Semoga ANC tahun ini bisa berjalan dengan lancar, sehingga tujuan kegiatan yang diharapkan bisa tercapai dengan baik.